Ini Price List Akad Nikah Murah Meriah

Ini Price List Akad Nikah Murah Meriah

Berbicara soal nikah, apa Anda berencana melangsungkan pernikahan pada tahun 2023? Jika ya, Anda perlu berusaha untuk mewujudkannya, seperti menyiapkan price list akad nikah.

Price list akad nikah ini sangat penting dipikirkan. Terlebih, akad nikah merupakan momen yang sakral, diperhatikan kedua orang tua hingga kerabat, dan tidak boleh dipermainkan.

Lantas, apa saja biaya-biaya yang harus dipersiapkan dalam prosesi akad nikah? Simak ulasannya di bawah ini.

Biaya Hantaran

Hantaran atau sering disebut seserahan menjadi sebuah tradisi turun-temurun dari nenek moyang. Pada umumnya, seserahan terdiri dari perlengkapan yang dibutuhkan istri dalam berumah tangga, seperti baju, sepatu, tas, hingga peralatan make up.

Biaya untuk seserahan ini diperkirakan mencapai Rp3 juta hingga Rp5 juta. Namun, angka tersebut bisa lebih besar tergantung merek dan jumlah seserahan yang disepakati calon pengantin.

Biaya Mas Kawin atau Mahar

Mas kawin atau mahar dalam prosesi akad nikah bisa apa saja, seperti peralatan sholat, uang tunai, perhiasan, emas batangan. Bahkan, ada pasangan pengantin yang memberikan hal unik seperti sandal jepit untuk mas kawin.

Karena mas kawin bisa apa saja dan tergantung kesepakatan antar calon pengantin, maka harganya tergantung. Namun, bila Anda menjadikan perhiasan sebagai mahar, bisa membutuhkan biaya Rp1 juta hingga Rp10 juta, tergantung berat emasnya.

Biaya Tempat Akad

Akad nikah bisa dilakukan di mana saja dan biaya yang dibutuhkan bervariasi. Jika Anda tidak mau mengeluarkan biaya untuk prosesi akad, langsungkanlah prosesi ini di rumah mempelai wanita atau di Kantor Urusan Agama.

Namun, jika Anda ingin melangsungkan prosesi akad nikah di gedung, maka ada uang yang harus dikeluarkan, yakni mulai dari Rp10 juta.

Mau di manapun tempat akad pernikahannya, yang gratis atau membutuhkan uang, Anda harus mengeluarkan biaya sebesar Rp600 ribu untuk membayar penghulu. Uang tersebut tidak masuk ke kantong pribadi penghulu, melainkan ke negara sebagai proses pencatatan sipil.

Demikianlah informasi mengenai price list akad nikah bagi Anda yang punya rencana menggelar pernikahan di tahun 2023.