7 Rahasia Berhemat untuk Menabung Biaya Pernikahan

7 Rahasia Berhemat untuk Menabung Biaya Pernikahan

Tips Menabung Buat Nikah, Apakah Sesulit itu?

Menikah merupakan dambaan dari setiap pasangan, tetapi untuk sampai pada tahap ini tidak mudah, selain berusaha memperoleh restu dari orang tua, Anda juga harus menyiapkan materi. Lebih-lebih jika Anda mempunyai konsep pernikahan sendiri, bila Anda sudah mempunyai rencana pernikahan dengan budget yang cukup besar, lebih baik Anda mulai mengumpulkan pundi-pundi uang mulai dari sekarang. Meskipun banyak tips menabung buat nikah, sayangnya banyak pasangan yang mengaku jika mengumpulkan tabungan untuk biaya menikah begitu sulit, karena harus membagi gaji untuk kebutuhan sehari-hari, investasi dan yang lainnya. Apakah benar demikian?

Trik Berhemat untuk Menabung Biaya Nikah

Agar pesta pernikahan yang sesuai dengan rencana Anda bisa terpenuhi, berikut beberapa trik berhemat untuk menabung biaya pernikahan, antara lain:

Miliki komitmen

Ketika menjalin sebuah hubungan yang serius, komitmen merupakan hal yang begitu dibutuhkan. Begitu pun ketika Anda ingin menabung. Sebelum menabung, pastikan Anda dan pasangan mempunyai komitmen kuat, pikiran dan hati. Proses menabung ini bukan hal mudah untuk dilakoni. Ada berbagai macam hal yang harus rela dikorbankan.

Bawa bekal makan siang

Tahukah Anda? Jika membawa bekal makan siang dapat memangkas biaya untuk makan hingga dua kali lipat. Dengan membawa bekal makan siang, Anda tidak akan memesan makanan dan menghamburkan uang. Contohnya, tanpa membawa bekal Anda menghabiskan uang Rp 50 ribuan untuk sekali makan, sedangkan jika memasak sendiri dengan menu sederhana hanya membutuhkan Rp 15 ribuan.

Bekal minum? Kenapa tidak

Selain membawa bekal makan, jangan lupa membawa bekal minum. Bila di kantor sudah disediakan air isi ulang gratis, lebih baik memilih minuman tersebut dibandingkan dengan membeli minuman yang harganya bisa Rp 25 ribuan sekali beli.

Menggunakan alat transportasi umum

Mengapa lebih disarankan menggunakan alat transportasi umum? Walaupun Anda harus berjalan ke halte, atau menunggu waktu yang cukup lama untuk mendapatkan kereta, paling tidak hal ini dapat menghemat pengeluaran Anda. Bila menggunakan mobil sendiri, Anda bisa mengeluarkan uang Rp 50 ribuan sehari hanya untuk bensin, belum biaya parkir, masuk tol dan yang lainnya.

Bagi wanita, tak perlu banyak membeli baju dulu

Untuk calon pengantin wanita, tidak ada salahnya untuk menahan diri selama beberapa waktu tidak membeli pakaian baru. Apakah Anda sering membeli baju baru saat gajian? Pengeluaran membeli pakaian baru ini bisa mencapai ratusan ribu, bayangkan jika Anda mengalokasikan dana ini untuk tabungan.

Gunakan perawatan wajah alami

Apakah Anda langganan skincare atau perawatan wajah lain yang memiliki harga hingga Rp 1 jutaan dalam sekali konsultasi? Sebenarnya hal tersebut sah-sah saja. Namun akan lebih baik jika menahan diri melakukan perawatan tersebut. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan perawatan alami dan mengonsumsi makanan sehat.

Kurangi budget membeli tas baru

Selain pakaian, biasanya tas merupakan benda yang sering diburu wanita. Tidak ada salahnya, Anda mulai mengurangi budget membeli tas baru dan alokasikan untuk mencukupi tabungan menikah. Saat akan membeli tas baru, Anda harus mengingat rencana pesta pernikahan Anda yang indah.
Jika di total, bila Anda dapat menghemat berbagai hal di atas, bukan tidak mungkin mengumpulkan uang Rp 2 sampai 3 juta per bulan menjadi hal yang mudah. Tips menabung buat nikah di atas memang tidak semudah itu dijalankan, pasti membutuhkan proses yang cukup lama untuk beradaptasi dengan menahan diri tak membeli barang-barang yang tak dibutuhkan.