7 Langkah yang Dilakukan untuk Persiapan Pernikahan dalam 2 Bulan

7 Langkah yang Dilakukan untuk Persiapan Pernikahan dalam 2 Bulan

Bisakah Merancang Pernikahan Dalam Waktu Singkat?

Pada umumnya, pernikahan memang tidak dilakukan dengan terburu-buru. Melakukan persiapan pernikahan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Dibutuhkan persiapan yang sangat matang, apalagi jika berhubungan dengan uang, dan mental. Namun, terdapat beberapa alasan yang menjadikan pernikahan harus dilakukan dengan cepat seperti permintaan kedua orang tua, sekolah ke luar negeri hingga desakan keluarga.

Cara Singkat Melakukan Persiapan Pernikahan

Saat Anda dikejar waktu untuk menggelar pesta pernikahan, dan hanya memiliki waktu 2 bulan untuk merencanakannya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, antara lain:

Tentukan jadwal

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah menentukan waktu penyelenggaraan. Setelah Anda yakin dengan waktu tersebut, Anda bisa mulai menghitung mundur dan buat jadwal yang masuk akal. Tandai kalender dan hitung waktu yang bisa digunakan untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Anda bisa membuat catatan khusus tentang segala persiapan, dan hal-hal apa saja yang sudah dicapai. Bila belum tercapai, segera evaluasi dan lakukan penjadwalan ulang. Agar tidak keteteran, jangan meleset dari jadwal yang sudah Anda buat.

Lakukan diskusi dengan wedding organizer

Agar persiapan acara pesta pernikahan semakin mudah, Anda bisa menggunakan jasa wedding organizer atau WO. Pada dasarnya, WO mengetahui dengan baik hal apa saja yang harus dipersiapkan. Pilih WO yang berpengalaman sehingga persiapan pernikahan akan lebih matang, meskipun dalam waktu singkat.

Anda bisa bertanya terlebih dulu mengenai komitmen yang mereka miliki. Tidak semua WO berani menyanggupi hal ini karena minimnya waktu. Oleh sebab itu, Anda harus meminta komitmen mereka untuk memberikan rancangan terbaik. Pastikan pula, apakah waktu yang minim ini mempengaruhi kualitas jasa mereka.

Persiapkan berkas dengan baik

Terkadang, hal yang membuat persiapan menjadi lama adalah waktu yang diperlukan untuk mengurus berkas pernikahan. Seperti yang kita tahu, di Indonesia dibutuhkan beberapa syarat agar calon pengantin dapat melangsungkan pernikahan. Berkas ini bukan hanya berhubungan dengan pemerintahan, namun juga secara agama. Bila Anda ingin menghemat waktu, Anda bisa memfokuskan persiapan pertama dengan menyelesaikan berkas. Siapkan berbagai bahan yang diperlukan sehingga bisa lebih tenang.

Hindari terlalu banyak melakukan pertimbangan

Ketika merancang sebuah acara, apalagi acara pernikahan memang membutuhkan berbagai macam pertimbangan. Tetapi, terlalu lama melakukan pertimbangan dapat memberikan dampak lambatnya proses persiapan yang Anda lakukan. Sehingga, Anda bisa berfokus pada hal yang penting seperti jumlah dana yang dimiliki, kualitas produk atau jasa dan kenyamanan. Untuk soal estetika, Anda bisa mempertimbangkannya lain kali. Mencari vendor yang sempurna, dengan budget terbatas dan waktu yang singkat sangat sulit. Anda pasti membutuhkan waktu lama untuk membandingkan satu vendor dengan vendor yang lain.

Jangan hanya berfokus pada kesempurnaan

Sebetulnya, tidak ada pesta pernikahan sempurna. Ada saja hal yang tidak bisa dijalankan dengan lancar seperti cuaca, bila Anda sudah mempersiapkan pernikahan dengan konsep outdoor, risiko cuaca pasti akan tetap ada. Bila Anda hanya berfokus membuat segala hal menjadi sempurna, persiapan tidak akan pernah selesai. Sehingga, fokuskan pikiran pada momen, bukan pada sempurnanya pesta.

Beli ornamen, hindari membuat sendiri

Sekarang ini konsep Do it Yourself memang sedang digemari. Dengan konsep ini, acara pernikahan akan berbeda. Tetapi, membuat ornamen dengan konsep tersebut membutuhkan waktu yang lama, padahal Anda bisa mengurus persiapan yang lainnya.
Tidak ada hal yang mustahil untuk dilakukan bila Anda dan pasangan memiliki tekat yang kuat serta usaha yang baik. Bahkan, persiapan pernikahan dalam waktu yang singkat pun bisa dilakukan.