5 Trik Parenting 1-12 Bulan Yang Perlu Diketahui

Featured Image

Tahun pertama bayi merupakan masa paling penting dan berpengaruh untuk tahap perkembangan. Tahap perkembangan bayi yang baru lahir setiap bulan memang tidak bisa disamaratakan. Oleh karena itu, sebagai orang tua perlu memiliki trik dan teknik parenting 1-12 bulan yang baik bagi bayi, seperti berikut ini:

Sering Mengajak Berbicara

Hal pertama yang penting untuk dikenalkan kepada anak yaitu kemampuan komunikasi. Bantu anak belajar berbicara dengan mengajaknya mengobrol. Biasanya si kecil akan merasa tenang dan mampu mengenal suara ibu dan ayahnya.

Selain itu, beri dukungan si kecil saat belajar berbahasa. Meskipun secara nyata belum ada respon yang berarti, namun itu akan terbentuk secara perlahan. Anda sebagai orang tua hanya perlu membiasakan hal itu. Contohnya bisa dimulai dengan mengajaknya membaca buku untuk merangsang perkembangan otak.

Bernyanyi dan Bermain Alat Musik

Selain kemampuan berbicara, bayi juga perlu dilatih mendengarkan bunyi dan alat musik. Hal ini penting untuk melatih kemampuan bayi dalam merangsang bunyi atau getaran sehingga bisa membedakannya.

Anda bisa bermain bersama si kecil dengan mengajaknya bernyanyi. Lihat respon si kecil dan berilah pengertian. Tak hanya itu, Anda juga bisa mengajaknya bermain alat musik mini atau replika. Dengan demikian, si kecil akan lebih peka terhadap bunyi dan bisa melatih sistem pendengarannya.

Berikan Bukti Kasih Sayang

Bukti kasih sayang bisa Anda berikan dengan memberi pujian, sering memeluk, dan memperhatikannya. Si kecil akan mengamati polanya sehingga ia mengenali kasih sayang atas perlakuan orang tuanya. Biasakan hal tersebut agar tercipta parenting yang baik.

Ingatkan Hal yang Dilarang

Trik parenting 1-12 bulan selanjutnya yaitu tetap ingatkan hal-hal yang dilarang. Memang awalnya sulit si kecil untuk memahaminya, namun jika Anda telaten dan memberinya pengertian perlahan pasti si kecil akan mengerti. 

Jaga Diri, Mental, dan Emosional

Trik terakhir yaitu tetaplah menjaga diri, baik mental maupun emosional. Memang menjadi orang tua baru tidaklah mudah dan perlu waktu untuk adaptasi. Maka peran suami juga menjadi penting agar istri tidak merasa sendiri dan paling terbebani. Kesiapan mental dan emosional penting agar bisa mengontrol pikiran dan perasaan.

Terlepas dari itu semua, pengalaman merawat si kecil tentu akan menjadi memori terbaik sepanjang hidup dan menyenangkan untuk dikenang. Oleh karena itu, pastikan Anda sebagai orang tua mampu bekerja sama dengan baik untuk mendidik dan membesarkan si kecil.Itulah kelima trik parenting 1-12 bulan yang perlu diketahui. Implementasi ilmu parenting memang tidaklah mudah, sehingga perlu perhatian dan pemahaman yang mendalam. Perkembangan setiap anak pasti berbeda maka hargailah setiap proses yang berhasil dilewati si kecil.