5 Tips Jitu Menjaga Hubungan Pertunangan agar Mulus Hingga Pelaminan

5 Tips Jitu Menjaga Hubungan Pertunangan agar Mulus Hingga Pelaminan

Tips Jitu Menjaga Hubungan sebelum Menikah

Tips jitu menjaga hubungan sangat dibutuhkan bagi semua pasangan yang ingin serius membawa hubungan mereka ke jenjang pernikahan. Terdengar mudah diucapkan namun menjaga suatu hubungan tetap utuh sampai waktunya menikah tidaklah mudah. Apalagi setelah memasuki fase pertunangan, biasanya akan banyak konflik yang datang menghampiri.

Konflik di antara dua orang yang menjalin hubungan sebenarnya adalah hal yang lumrah terjadi. Dua orang dengan karakter yang berbeda akan dipersatukan tentu menimbulkan banyak konflik. Bahkan hal ini juga sering terjadi pada pasangan yang sudah lama berpacaran, setelah bertunangan malah banyak konflik yang muncul.

Setelah memasuki fase pertunangan, sepasang kekasih sudah semakin dekat ke jenjang pernikahan. Sangatlah penting bagi mereka untuk menjaga hubungan sebaik mungkin agar bertahan langgeng sampai menikah dan seterusnya. Kali ini kita akan berbagi tips bagaimana menjaga hubungan setelah bertunangan hingga menikah.

Tips Menjaga Hubungan

Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar sebuah hubungan tetap terjaga harmonis. Berikut adalah beberapa tips jitu menjaga hubungan setelah bertunangan sampai waktu menikah tiba agar hubungan dengan pasangan tetap harmonis dan romantis :

Saling Menerima Pendapat

Konflik paling sering terjadi karena adanya perbedaan pendapat. Agar hubungan tetap harmonis, maka sebisa mungkin cobalah untuk menerima pendapat dari pasangan anda. Apapun pendapatnya, cobalah untuk menerima dan memahami baru kemudian jika dirasa kurang pas anda bisa mengutarakan pendapat pribadi anda sendiri.

Mau Mendengarkan Pasangan

Menjelang pernikahan biasanya banyak hal yang dirasakan. Cobalah untuk menjadi pendengar yang baik bagi pasangan anda. Dengarkan segala keluh kesah yang dirasakan pasangan. Anda tidak harus memberikan solusi atau bantuan, cukup dengan mendengarkan maka pasangan akan merasa jauh lebih nyaman.

Tidak Memaksakan Kehendak

Jangan sekalipun memaksakan kehendak anda kepada pasangan. Ketika akan menikah, maka ada banyak persiapan yang perlu dilakukan. Dalam proses persiapan ini biasanya setiap pasangan memiliki keinginannya masing-masing. Cobalah untuk berdiskusi dengan pasangan anda, daripada harus memaksakan kehendak pribadi.

Ungkapkan Rasa Cinta

Jangan lupa untuk selalu mengungkapkan rasa cinta kepada pasangan anda. Sekecil dan sesederhana apapun itu, ungkapan rasa cinta sangatlah penting untuk diberikan kepada pasangan. Mengungkapkan rasa cinta kepada pasangan akan membuat hubungan selalu terasa hangat dan romantis.

Ungkapan rasa cinta bisa diberikan dalam berbagai cara. Mulai dari kata-kata hingga hadiah kecil sebagai bentuk kejutan untuk pasangan. Tak perlu menunggu hari istimewa, anda bisa selalu mengungkapkan rasa cinta kapan saja anda mau.

Kontrol Emosi Masing-Masing

Menjaga sebuah hubungan tetap harmonis sebenarnya dimulai dari diri sendiri. Jangan pernah berharap pasangan anda membuat diri anda nyaman namun mulailah dari diri anda sendiri. Cara termudah adalah dengan mengendalikan emosi pribadi.

Kendalikan emosi anda sendiri. Apapun yang terjadi, pastikan untuk tidak mengedepankan emosi. Biasakan untuk berkomunikasi dengan hati yang tenang dan menghadapi segala hal dengan penuh kesabaran. Jika diri sendiri tidak mudah emosi maka akan lebih mudah untuk menjaga hubungan baik bersama pasangan.

Itulah tadi beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk menjaga hubungan baik dengan pasangan. Satu hal yang pasti, ketika ada masalah yang terjadi maka ingatlah bahwa anda dan pasangan anda sudah begitu jauh melangkah. Jangan sampai perjalanan yang sudah anda lalui menjadi sia-sia karena emosi sesaat. Selamat mencoba tips jitu menjaga hubungan ini dan semoga hubungan anda selalu lancar.