5 Langkah Menentukan Tanggal Baik untuk Pernikahan

5 Langkah Menentukan Tanggal Baik untuk Pernikahan

Menentukan Tanggal Baik untuk Pernikahan? Ini Langkah yang Biasanya Dilakukan

Pada dasarnya semua hari adalah baik, tapi ketika menyangkut tentang hari pernikahan tetap harus memilih tanggal baik untuk pernikahan. Hal ini tidak terlepas dari mitos dan keyakinan bahwa tanggal yang baik adalah tanggal yang ditentukan berdasarkan hitungan tertentu.

Bukan hanya di daerah Jawa, mayoritas semua daerah mempunyai sistem perhitungan sendiri untuk menentukan tanggal pernikahan. Anda yang sudah menikah dan mempunyai keluarga yang kental adat Jawanya pasti pernah mengalami bukan?

Nah, bagi Anda yang belum menikah berikut ini adalah langkah yang sering dilakukan dalam menentukan tanggal baik untuk pernikahan. Memang tidak wajib dilakukan hanya sebagai pengetahuan saja untuk Anda:

Melihat Neptu

Sebelum dilaksanakan akad pernikahan, biasanya kedua keluarga pengantin akan melakukan pertemuan keluarga untuk menentukan tanggal pernikahan yang dilihat berdasarkan neptu. Neptu adalah sebuah nilai yang didapat dari menghitung jumlah huruf pada nama kedua calon pengantin. Kemudian perhitungan tersebut akan dicocokkan dengan tanggal, bulan, jam lahir serta tahun kelahiran kedua calon mempelai. Untuk adat Jawa yang kental, tradisi perhitungan ini tidak pernah ditinggalkan karena bisa jadi untuk mengetahui keadaan rumah tangga calon pengantin juga nantinya.

Mencocokkan Tanggal dengan Primbon

Jika perhitungan berdasarkan neptu telah ditetapkan, maka selanjutnya akan dicocokkan dengan apa yang tertulis di dalam buku primbon Jawa. Buku primbon adalah  buku panduan yang biasanya digunakan untuk menentukan tanggal pernikahan yang berisi tentang ramalan kehidupan dan perhitungan mulai dari hal kecil hingga hal besar yakni jodoh.

Bagaimana Jika Weton Sama?

Setelah dilakukan perhitungan Neptu dan dicocokkan dengan apa yang ada dalam primbon, bagaimana jika ternyata perhitungannya menghasilkan weton yang sama?. Apakah harus mencari tanggal lain? Menurut perhitungan dalam tradisi Jawa pernikahan tersebut masih bisa dilakukan asalkan mencari hari lain yang tidak mengarah pada hasil weton yang sama.

Untuk Memperoleh Keselamatan dan Kelancaran

Melakukan perhitungan untuk menentukan tanggal pernikahan tujuannya adalah agar pernikahan yang dilakukan bisa langgeng. Selain itu juga berharap akan memperoleh kelancaran dan keselamatan dalam segala hal. Baik berupa sandang, pangan, papan dan hal lain bahkan hingga mengenai akhir hidup. Walaupun bagi sebagian orang hal tersebut dianggap tidak masuk akal, tapi setidaknya terdapat penghormatan akan hal tersebut.

Keterkaitan Suku

Hal lain yang selalu menjadi perhatian bahkan keyakinan adalah tentang perbedaan suku apabila bukan berasal dari daerah yang sama. Yang paling terkenal adalah tentang keyakinan bahwa suku Jawa tidak boleh menikah dengan suku Sunda. Mengenai hal ini Anda bisa mengetahuinya dari sejarah kerajaan Majapahit jaman dahulu. Jika pun itu terjadi dilakukan perhitungan secara matang agar persatuan suku ini tidak menimbulkan sesuatu yang buruk.

Langkah-langkah tersebutlah yang biasanya lazim dilakukan orang Jawa dalam menentukan tanggal baik untuk pernikahan. Sebisa mungkin tidak ada langkah yang terlewati agar tidak menimbulkan kejadian tidak menyenangkan kelak.

Untuk menentukan tanggal berdasarkan langkah tersebut harus melibatkan banyak orang utamanya orang yang paham betul akan perhitungan tersebut. Anda bisa mempercayainya atau tidak. Karena banyak orang juga yang tidak melakukan langkah tersebut dalam proses pencarian tanggal. Yang perlu dilakukan adalah tetap menghormati adat dan tradisi masing-masing dalam beberapa hal.