5 Kesalahan yang umum Terjadi saat Persiapan Pernikahan

5 Kesalahan yang umum Terjadi saat Persiapan Pernikahan

Ini Dia 5 Kesalahan yang Sering Terjadi saat Persiapan Pernikahan

Tidak mudah melakukan persiapan pernikahan yang terlalu banyak, mulai dari gaun pernikahan, katering, souvenir, dekorasi dan lain sebagainya. Sebagai calon pengantin, pasti kita dibuat bingung dan sibuk untuk menyelesaikan semua persiapan agar acara berjalan dengan lancar. Namun, siapa sangka jika dalam mempersiapkannya, banyak kesalahan yang sering terjadi. Beberapa kesalahan akan berdampak pada kelancaran acara sehingga membuat kita merasa pusing untuk menyelesaikannya.

Berikut ini beberapa kesalahan yang sering terjadi saat mempersiapkan kebutuhan pernikahan:

Kesalahan perhitungan jumlah tamu undangan

Pesanan katering, souvenir dan kursi tergantung dengan tamu undangan yang datang. Sayangnya, kita tidak bisa tahu, berapa jumlah pasti tamu yang akan hadir. Bisa saja, satu undangan mendatangkan 2 atau 3 tamu dan bisa juga satu undangan tidak mendatangkan tamu sama sekali. Itulah mengapa cukup sulit untuk memastikan jumlah tamu yang akan datang. Tapi, kita harus tahu perkiraan jumlah tamu agar bisa menetapkan jumlah katering dan souvenir yang hendak di pesan.

Apabila kita salah dalam memperkirakan jumlah tamu undangan, bisa-bisa ada beberapa tamu yang tidak kebagian souvenir ataupun catering. Bisa juga souvenir dan katering sisa banyak sehingga akan mubadzir. Oleh karena itu, penting untuk memperhitungkan jumlah tamu yang datang.

Ingin melakukan semua persiapan sendiri

Setiap orang mungkin memiliki konsep pernikahan yang diidam-idamkan, mulai dari dekorasi, gaun pengantin hingga berbagai pernak-pernik pernikahan yang lain. Hal inilah yang membuat calon pengantin rela terjun langsung ke berbagai persiapan pernikahan. Keinginan untuk melakukan semua persiapan sendiri pun begitu besar. Akhirnya, ia tidak meminta batuan kepada orang lain untuk mengerjakan semua persiapan yang diperlukan.

Padahal, pernikahan membutuhkan persiapan yang sangat banyak sehingga membutuhkan bantuan orang lain untuk menyelesaikannya. Apabila kita ingin mengerjakannya sendiri, maka kita akan dibuat kewalahan dan akhirnya kelelahan hingga bisa menyebabkan sakit menjelang pernikahan. Jadi, sesuaikan dengan kemampuan fisik dan mental kita karena banyak orang yang bisa membantu.

Salah dalam perhitungan budget

Acara pernikahan membutuhkan biaya yang tidak sedikit karena memang kebutuhannya sangat banyak. Kita harus menyisihkan biaya untuk masing-masing anggaran yang diperlukan, seperti katering, souvenir, dekorasi dan lain sebagainya. Kita harus memperhitungkan berapa anggaran untuk masing-masing kebutuhan sehingga kita memiliki batas budget ketika hendak melakukan pemesanan.

Kesalahan dalam menghitung budget bisa membuat kita kekurangan dana dan akhirnya, kita sendiri yang akan pusing memikirkan dimana harus mendapatkan dana tambahannya.

Terlalu fokus pada dekorasi bukan pada pengantin

Tidak ada yang salah jika kita menginginkan dekorasi yang mempesona untuk pernikahan impian kita. Tapi, jangan sampai persiapan dekorasi ini justru membuat kita lupa mempersiapkan diri sebagai calon pengantin. Karena kita terlalu fokus pada dekorasi, bisa jadi tenaga dan waktu kita tersita banyak hingga membuat kita jatuh sakit dan mental yang kurang siap. Oleh karena itu, utamakan persiapan diri sebagai calon pengantin terlebih dahulu.

Mengutamakan keinginan sendiri, bukan pasangan

Pernikahan ini merupakan momen berharga bagi kedua belah pihak. Masing-masing calon pengantin mungkin memiliki keinginan tersendiri mengenai pernikahan impiannya. Tapi, Anda juga harus mempetimbangkan keinginan pasangan agar pernikahan memiliki konsep yang disukai oleh kedua belah pihak. Bertoeleransilah dengan diri sendiri agar tidak terjadi keributan atau perasaan tidak nyaman karena telah mengabaikan keinginan pasangan. Hubungan yang buruk menjelang pernikahan tentunya membuat suasana pernikahan juga tidak nyaman.Demikian 5 kesalahan fatal yang sering terjadi saat persiapan pernikahan yang membuat kita pusing.