5 Cara Mengetahui Hamil 1 Minggu, Perhatikan Ciri-Cirinya

5 Cara Mengetahui Hamil 1 Minggu, Perhatikan Ciri-Cirinya

Bagi pasangan yang sedang memprogramkan kehamilan, pastinya frekuensi hubungan akan lebih rutin seperti 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Hal itu juga mempengaruhi dalam ketidak terprediksinya masa seminggu kehamilan. Tingginya frekuensi hubungan tiap minggunya akan membuat pasangan tidak mampu memprediksi waktu dimana kehamilan mungkin akan terjadi usai melakukan hubungan.

Tanda kehamilan di kurun waktu seminggu masih sulit dikenali dengan usia yang masih baru. Padahal bagi pasangan terprogram hamil tentunya akan menunggu momen kehamilan tersebut. Banyak calon ibu yang belum tahu cara mengetahui hamil 1 minggu kandungannya. Bagi wanita dengan usia 1 minggu masih sulit diketahui tanda tandanya, bahkan belum kelihatan sama sekali pertandanya.

Pada dasarnya umur kehamilan itu dihitung sejak 4 minggu hari pertama haid terakhir. Dan secara teori kehamilan ini dapat terjadi ketika masa ovulasi kemudian sel telur berhasil melebur bersama sperma yang kemudian akan menempel di dinding rahim.

Berikut adalah cara mengetahui hamil 1 minggu pertama kandungan anda

Mengalami perut kembung

Tidak jauh berbeda dari tanda permulaan siklus menstruasi yakni akan mengalami perut kembung. Hal tersebut disebabkan oleh meningkatnya hormon yang akan mempengaruhi sistem pencernaan menjadi lambat dan memicu fenomena perut kembung tersebut. Selain gejala tersebut juga dapat terjadi konstipasi.

Gejala mual

Sudah menjadi gejala umum cara mengetahui hamil 1 minggu yang banyak orang tahu adalah adanya mual yang lebih populer dengan istilah morning sickness. Hal ini sering terjadi dan hampir semua wanita hamil merasakan mual, muntah dan hal serupa lainnya. Gejala ini normal dialami dan biasanya akan terjadi di minggu pertama hingga minggu ke sembilan dan setelah masa itu gejala morning sicknes akan berlangsung berkurang.

Mudah lelah

Keluhan lain yang sering terjadi di minggu pertama kehamilan adalah mudah kelelahan. Hal ini dipengaruhi oleh aktivitas hormon progesteron yang meningkat. Meningkatnya hormon tersebut akan mengakibatkan kelelahan, dan mudah mengantuk saat masa kehamilan. Hal tersebut dapat diatasi dengan memberikan masa istirahat yang cukup dan asupan makanan yang bergizi.

Kram perut

Bukan hanya fase menstruasi saja yang akan mengakibatkan kram perut namun usia kehamilan di minggu pertama juga akan mendapatkan gejala yang sama. Biasanya kram perut ini disertai dengan munculnya bercak darah yang terjadi karena adanya proses implantasi janin ke dinding rahim sehingga tidak perlu khawatir dengan bercak ini. Intensitas bercak darah yang keluar dan rasa kram perut lebih kecil dibandingkan dengan menstruasi pada umumnya. Bercak darah tersebut umumnya hanya akan berlangsung 3 hari, namun bila tanda tanda yang muncul tidak lazim maka perlu untuk dikonsultasikan lebih lanjut.

Perubahan kondisi payudara

Meski masih di minggu pertama ukuran payudara akan terlihat lebih besar dan akan terasa lebih lembut dan halus diakibatkan oleh aktivitas hormon. Hal ini juga merupakan cara mengetahui hamil 1 minggu yang sangat efektif karena bisa dilihat kasat mata.