4 Tips Mudah Nabung Bareng Buat Nikah yang Paling Efektif

Featured Image

Banyak kasus di sekitar kita bahwa beberapa orang terkendala nikah karena biaya, bahkan tak jarang mereka menunda nikah hanya karena belum mapan. Memang kita harus realistis, berumah tangga tak bisa dibangun hanya modal cinta. Oleh karena itu, bagi Anda yang masih belia perlu mempersiapkan biaya pernikahan sedini mungkin. Berikut tips mudah nabung bareng buat nikah yang paling efektif:

Miliki komitmen yang kuat

Sama dengan hubungan, nabung bareng calon pasangan juga perlu komitmen yang kuat untuk menjalaninya. Proses menabung memang tidak mudah, apalagi jika Anda memiliki penghasilan yang pas-pasan, tentu harus ekstra dan menahan keinginan untuk boros.

Hilangkan kebiasaan makan yang hedon atau berlebihan, hindari traveling yang memakan banyak biaya, serta hindari hal-hal yang tidak perlu. Turunkan gengsi Anda agar bisa memaksimalkan pengeluaran dengan baik.

Komitmen juga perlu Anda bicarakan bersama pasangan. Ajak pasanganmu berdiskusi dan biasakan menyelesaikan masalah dengan kepala dingin. Hargailah setiap pemikiran-pemikirannya dan berilah pengertian tanpa menyakiti. Tentukan konsep pernikahan, jumlah undangan, dan detail lainnya.

Siapkan rekening khusus

Hal ini penting untuk mencegah pemakaian uang tanpa sadar dan selalu mengingatkan Anda dan pasangan pada komitmen serta tujuan awal menabung. Apabila Anda menyatukan rekening untuk gaji pribadi dengan dana nikah biasanya akan tercampur dan sulit melakukan kontrol.

Buat rincian anggaran

Tips nabung bareng buat nikah juga terkait dengan pembuatan rincian anggaran. Susunlah kebutuhan beserta rincian pengeluaran yang diperlukan selama pernikahan Anda dan pasangan. Usakan buat rincian yang detail dan pikirkan hal-hal diluar kendali yang mungkin perlu pengeluaran yang lebih besar.

Misalnya seluruh total anggaran sebesar Rp126 juta, dan Anda memiliki target nikah 5 tahun kedepan, maka perhitungannya Rp126 juta / (5 x 12 bulan) = Rp2,1 juta per bulan. Artinya Anda perlu menyisihkan uang sebesar Rp2,1 juta per bulan. Kemudian dibagi dua bersama pasangan sehingga diperoleh Rp1.050.000.

Begitulah kira-kira perhitungan secara kasarnya. Namun tidak sesimpel itu, dalam prakteknya biasanya sangat kompleks, Anda perlu mendiskusikan hal ini bersama pasangan dan kedua orang tua. Jika Anda telah berencana menikah tahun depan, perlu siapkan tanggal nikah di 2023 sejak jauh-jauh hari agar bisa mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang.

Catat mutasi keluar masuknya uang dan terapkan pacaran hemat

Meski Anda menabung menggunakan rekening bank, pencatatan sudah otomatis, namun minimal Anda perlu merekap kembali sebagai bahan evaluasi bersama pasangan. Selain itu, Anda dan pasangan juga perlu menerapkan gaya pacaran hemat agar uangnya bisa ditabung untuk menikah.

Itulah beberapa tips mudah nabung bareng buat nikah yang efektif dan perlu Anda perhatikan dengan baik. Siapkan mental dan niat yang kuat agar bisa menikah dengan segera sesuai dengan ekspektasi yang diharapkan.