20 Juta Emang Cukup Ya Buat Resepsi?

20 Juta Emang Cukup Ya Buat Resepsi?

Jika Anda adalah seseorang yang mungkin akan menikah di tahun ini, apakah Anda sudah mempersiapkan segala sesuatu terkait persiapan apa saja yang akan dibutuhkan? Beberapa persiapan yang bahkan akan sangat dibutuhkan ini seperti persiapan fisik, mental bahkan juga persiapan akan perhitungan biaya pernikahan yang harus dikeluarkan nantinya.

Sudahkah Anda Mempersiapkan Biaya untuk Pernikahan?

Perhitungan akan biaya pernikahan ini nantinya akan bergantung sesuai dengan keinginan para pasangannya. Apakah Anda dan pasangan akan mengadakan pesta pernikahan yang mewah, sederhana atau menggunakan adat dan lainnya. Untuk menikah, target akan biaya persiapan khususnya modal pernikahan ini memang bervariasi.

Ada yang akan mengeluarkan biaya dengan sangat mahal, bahkan ada juga biaya pernikahan standar yang biasanya akan mengeluarkan dana sebesar 20 juta saja. Lalu, apa sajakah rincian nikah modal 20 juta? Apakah bisa?

Biaya Seserahan

Biaya seserahan biasanya memang akan diberikan oleh pihak pria kepada pengantin wanitanya. Nantinya, seserahan ini akan tergantung dari jumlah dan juga merknya. Namun, biasanya untuk biaya seserahan ini mulai dari 1 juta.

Biaya Gedung Pernikahan

Selain seserahan, menyewa sebuah tempat untuk menikah juga harus mencakup biaya yang akan dikeluarkan nantinya. Selain itu, jika Anda ingin menikah di KUA saja, maka biasanya biayanya mulai dari 500 ribu. Sedangkan jika Anda ingin menyewa sebuah gedung atau aula, maka biasanya biayanya mencapai puluhan juta dengan kapasitas tamu tertentu.

Biaya Catering

Ada banyak pilihan catering yang kini bisa dipilih untuk sebuah persiapan pernikahan. Bahkan biaya catering yang harus dikeluarkan ini kurang lebih 6 juta. Dengan perkiraan tamu yang akan hadir sebanyak 300 tamu undangan, dan per orangnya terhitung 20 ribu.

Biaya Undangan dan Souvenir

Untuk menekan biaya pernikahan, maka Anda juga perlu untuk menekan biaya untuk mencetak undangan. Dengan zaman teknologi yang sudah canggih, Anda bahkan bisa membuat dan mencetak  undangan secara online saja dibandingkan harus memberikan undangan cetak.

Biaya MUA dan Gaun Pengantin

Untuk mempersingkat nikah modal 20 juta, pastinya pemilihan gaun dan MUA juga harus dipertimbangkan dengan matang. Untuk perkiraan biaya MUA dan gaun pengantin ini biasanya dimulai dari 2 juta saja.

Biaya Tambahan

Biasanya, beberapa biaya tambahan yang akan sangat diperlukan dalam sebuah pernikahan ini seperti biaya dokumentasi. Bahkan ada juga beberapa pengantin yang membutuhkan adanya bridesmaid. Namun, untuk meminimalkan biaya yang akan dikeluarkan, maka Anda bisa tidak perlu menggunakan bridesmaid.Itulah sebagian rincian nikah modal 20 juta. Jika Anda ingin melebihi dari budget 20 juta ini sendiri, maka Anda bisa mempersiapkan tabungan nikah terlebih dahulu untuk bisa menikah sesuai dengan pernikahan yang Anda inginkan nantinya. Semoga acara pernikahan Anda nanti berjalan dengan lancar dan sesuai harapan!